Kenali Ragam Sebab Muntah Kuning alias Muntah Empedu

Selamat datang Bessin Surance di Portal Ini!

Bessin Surance, Jakarta – Muntah berwarna kuning atau kehijauan biasanya merupakan tanda Anda muntah empedu. Muntah empedu kuning dapat mengindikasikan masalah medis yang serius, seperti hernia hiatus atau obstruksi usus. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda menderita flu perut atau keracunan makanan. Kenali Ragam Sebab Muntah Kuning alias Muntah Empedu

Menurut verivellhealth.com, empedu adalah cairan berwarna kuning kehijauan yang diproduksi oleh hati dan disimpan dalam organ kecil yang disebut kantong empedu. Selama proses pencernaan, empedu dikeluarkan ke usus halus untuk memecah lemak sehingga nutrisi dan zat lain yang terkandung dalam lemak dapat diserap melalui dinding usus.

Empedu sangat penting untuk pemecahan dan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Empedu juga memecah kolesterol dan berbagai jenis asam, garam dan mineral yang ada dalam makanan.

Masih dimuat di artikel yang sama, muntahan kuning terjadi ketika empedu kembali naik dari usus kecil ke lambung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan muntah empedu.

1. Refluks empedu

Refluks empedu terjadi ketika ada kerusakan pada saluran otot antara lambung dan usus kecil. Hal ini memungkinkan empedu masuk ke lambung dan kemudian kerongkongan. Refluks empedu mirip dengan refluks asam, yaitu ketika asam lambung bocor dari lambung ke kerongkongan karena sfingter tidak berfungsi. Apa Itu Emotional Numbness? Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Refluks empedu sering terjadi setelah operasi kandung empedu dan operasi saluran cerna bagian atas lainnya. Gejala refluks empedu lainnya termasuk diare, mulas, sakit perut, dan rasa tidak enak di mulut. Refluks empedu dapat terjadi dengan sendirinya, tetapi umum terjadi pada refluks asam.

2. Hernia hiatus

Hernia hiatus terjadi ketika bagian perut menonjol ke dada melalui otot tipis yang disebut diafragma. Hernia hiatus lebih sering terjadi pada orang tua dan penderita obesitas. Bagi seseorang yang pernah menjalani operasi perut bagian atas, trauma, dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD), risiko terkena hernia lebih tinggi. Hernia hiatus juga dapat menyebabkan mulas, sakit perut, iritasi tenggorokan, bersendawa, dan regurgitasi.

3. Penyumbatan usus

Penyumbatan usus terjadi ketika usus terhambat atau rusak secara fisik karena penyakit. Obstruksi usus dapat menimbulkan gejala seperti sakit perut dan kram yang parah, perut penuh dan kembung, kembung, muntah, dan penyempitan usus.

Orang dengan penyakit Crohn, kolitis ulserativa, dan lupus berisiko tinggi mengalami obstruksi usus. Penyempitan dan penyumbatan usus juga sering terjadi pada pasien kanker usus besar.

4. Muntah saat perut kosong

Muntah saat perut kosong akibat virus gastroenteritis (flu perut) atau keracunan memaksa tubuh memuntahkan lendir, asam lambung, dan empedu. Hal ini dapat menyebabkan muntahan berwarna kuning kehijauan, lengket, dan berlumuran darah.

5. Konsumsi alkohol berlebihan

Muntah empedu kuning juga bisa disebabkan oleh konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Alkohol meningkatkan laju pengosongan kantong empedu. Ini juga memperlambat kontraksi otot yang menggerakkan makanan melalui usus. Kondisi ini bisa merangsang aliran balik empedu ke lambung.

Pilihan Editor: Gejala Penyakit Kandung Empedu Seperti AKBP Buddi Alfrits

Bagaimana pengaruh konsumsi minuman beralkohol terhadap sistem pencernaan manusia? Lebih terinci

Menggabungkan pengobatan dengan gaya hidup sehat dapat mengurangi gejala asam lambung atau GERD. Lebih terinci

Mengurangi asam lambung menggunakan obat alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah bisa berhasil. Lebih terinci

Gejala stroke wajah yang harus diwaspadai antara lain sulit tersenyum dan ngiler. Di bawah ini penjelasan lengkapnya. Lebih terinci

Rasa pahit di mulut, banyak gas, dada panas, atau sedikit muntahan di mulut merupakan tanda-tanda penyakit asam lambung. Namun ada juga tanda-tanda yang tidak biasa. Lebih terinci Kenali Ragam Sebab Muntah Kuning alias Muntah Empedu

Obat paling sederhana untuk mengatasi sakit kepala akibat asam lambung adalah air lemon. Lebih terinci

Penelitian paling menarik tentang makan malam berfokus pada hubungannya dengan berat badan dan kesehatan metabolisme. Lebih terinci

Kunyit hitam mengandung kurkumin, senyawa kuat dengan sifat anti inflamasi yang baik. Lebih terinci

Daun kelor atau dikenal juga dengan daun kelor kaya akan nutrisi, antara lain vitamin (A, C, dan E), mineral (kalsium, kalium, dan zat besi), serta asam amino esensial. Lebih terinci

Sakit maag dirasakan saat asam lambung naik ke kerongkongan. Baca selengkapnya