Tips Klaim Asuransi Jika Mobil Kredit Hilang?

Posted by Admin
2017-11-11 21:23:49

Kepanikan tentu akan Anda alami ketika sadar mobil pribadi yang biasa ditunggangi tidak ada ditempat dan  sudah dipastikan berpindah tangan kepada pihak yang tidak bertanggung jawab alias dicuri,  sedih karena Anda tahu mobil yang hilang belum lunas pembayaran kreditnya, cemas karena takut tidak bisa klaim, memang wajar  tetapi tenang saja, karena biasanya pada setiap perusahaan leasing, mobil yang belum lunas cicilannya masih dijaminkan kepada pihak asuransi dan bisa menjadi solusi apabila mengalami musibah seperti ini.

 Di rilis dari Majalah Asuransi, langkah yang paling awal dan harus segera dilakukan ialah melaporkan ke pihak pemberi kredit akan kejadian tersebut dan atau langsung menghubungi penyedia asuransi mobil Anda, usahakan dalam waktu 3 X 24 jam setelah terjadinya pencurian, agar tidak ada gangguan dalam proses klaim asuransi. Untuk memudahkan proses pengajuan klaim lengkapi laporan pencurian tersebut dengan  surat resmi dari pihak kepolisian, karena lembaga kepolisian adalah satu-satunya lembaga yang berwenang untuk menyatakan status hilang mobil yang dicuri.

 Setelah mendapat surat polisi, persiapkan dokumen-dokumen penting seperti Polis Asuransi Kendaraan Bermotor, fotokopi STNK, dan SIM disertakan kedalam satu laporan ke pihak perusahaan asuransi mobil. Setelah proses penyerahan dokumen selesai, pihak kepolisian dan asuransi akan memeriksa kasus yang menimpa Anda, untuk memastikan keabsahan kejadian tersebut. Bila terbukti sesuai dengan klausul dan definisi dari korban pencurian (acuan PSAKBI dan KUHP ) maka klaim total lost stolen dapat diproses. Anda sebagai pemilik mobil, akan diberikan surat pengantar dari pihak asuransi untuk membantu pembuatan surat blokir STNK dari kepolisian daerah setempat (POLDA)

Klaim asuransi pada umumnya sudah dapat dicairkan semenjak 14 hari atau 21 hari dari hari kejadian, apabila dokumen yang diperlukan untuk mendukung ajuan klaim telah diselesaikan. Namun bila mobil tersebut ditemukan dalam jangka waktu 60 hari, Anda dapat mengubah jenis klaim, dari total lost stolen ke partial loss. Agar kerusakan yang terjadi selama proses kehilangan, dapat diganti rugi oleh pihak asuransi.

 KESIMPULAN DALAM MELAKUKAN KLAIM ASURANSI MOBIL

  1. Pastikan laporan kehilangan tidak ditunda, agar pihak asuransi mobil dapat bertindak dengan cepat.
  2. Selalu letakkan dokumen penting, terkait polis asuransi mobil milik Anda di tempat yang aman dan mudah dicari, agar mudah untuk ditemukan pada saat terkena kasus pencurian.
  3. Harus diingat bahwa, pihak asuransi mobil hanya menjamin kehilangan dalam kategori pencurian mobil. Sedangkan kehilangan yang diakibatkan penipuan atau penggelapan tidak tercakup dalam perlindungan asuransi.
  4. Sebelum mencari perusahaan asuransi yang cocok, bandingkan dulu layanan dan harga yang ditawarkan, selanjutnya berikan skenario-skenario pencurian yang mungkin terjadi, dan tanyakan apakah mereka bisa melindungi Anda dari resiko tersebut.